Friday, August 01, 2008

Ga kenal maka tak sayang

Apakah kamu termasuk yang menilai orang dari 'tampilan luar'nya saja?
Dan benar ga sih pepatah yang bilang 'ga kenal maka tak sayang' ?
Saya akan ngebahas dua hal yang saling bersinggungan ini..
Tentunya ini berdasarkan pengalaman pribadi saya .hehe,

Tampilan luar, bukan hanya mengenai fisik belaka, namun termasuk sikap-sikap 'luar' yang biasa dilihat oleh orang yang tidak mengenalnya secara dekat. Maksudnya adalah banyak orang menilai seseorang itu aneh,ga jelas,songong,bahkan freak karena mereka ga melihat dari sisi dalam. Sisi dalam dapat dilihat ketika kita telah mengenal seseorang lebih dekat. Dengan begitu, dapat terungkaplah segala penyebab mengapa mereka bisa bertingkah yang menurut orang ga banget itu. .
Dari pengalaman saya sendiri, biasanya penyebab terbentuknya karakter seperti itu adalah dari lingkungan terdekat mereka,yaitu orangtua. Beberapa yang saya jumpai, mereka mempunyai orangtua yang sudah bercerai dan tidak tinggal dengan orangtuanya, juga dengan orangtua yang melarang ini itu dan yang kurang care sama anak-anaknya. Mungkin saja mereka menghadapi berbagai tekanan berat yang tidak kita ketahui.

Apakah kita masih patut untuk menjauhi dan membenci mereka yang seperti itu ? Memang, kita ga bisa membohongi diri kita kalau mereka itu mempunyai sikap-sikap aneh dan lainnya. Tapi, cobalah untuk membuka pikiran yang lebih luas lagi tentang hal ini. Seharusnya kita simpati, bukan mencela mereka. Yang lebih menyedihkan lagi adalah terkadang karena kita sudah males melihat gelagat mereka, kita sudah ga merasakan hal-hal yang positif dari diri mereka. Padahal mereka mempunyai berbagai talenta yang patut diancungi jempol.
Dan sebenarnya kalau sudah dekat, pasti kita sadar deh, bahwa dia ga seaneh atau freak yang kita kira. . Ga kenal maka tak sayang.hahaha.

So, jangan lagi kita saling mencela, tapi baiklah kita saling membangun. Dan yang paling penting jangan melihat seseorang dari 'cover depan' tapi benar-benar dari sisi dalam. Karena itu adalah sikap mereka yang sesungguhnya,bukan yang dibuat-buat. GBU

*thx buad beberapa teman guw *tentunya yang menjadi inspirasi guw dan terciptalah sedikit karya untuk mereka, kalian smua yang membuat pikiran guw terbuka*

No comments: